Belajar WP

WP a.k.a WordPress kok pakai di belajarin seh?

Maklum masih awam tentang dunia Blog, ternyata waktu kenal Blog aku kira apa ternyata mirip kayak sebuah situs pribadi cuman bedanya hanya isinya yang rata-rata menceritakan tentang kehidupan apa yang merka semua jalani.

Waktu itu emang aku bingung, kenapa semua orang yang ngeBlog rata-rata pakai script WP? setelah aku cari tahu ternyata dia banyak sekali kelebihannya dibandingkan dengan yang lain.

Ya udah aku nggak berpikir lama langsung aja aku otak-atik script WP yang lumayan agak susah untungnya nggak blank amatlah pikiranku karena udah belajar bahasa pemrograman web sedikit-sedikit.

Sebenarnya ketemu WP udah lama tapi baru sekarang ada waktu untuk otak-atik script WP
Ternyata enak juga utak-atik script WP yang ribet.

Coba cari tahu semua tentang WP di Internet dari Paman Google, Website Resminya, n Website Orang yang udah paham dan mengerti tentang WP

Akhirnya bisa deh…… 🙂

Iklan

New Domain and Hosting

hohohohohoho akhirnya ku punya domain yang isinya gak begitu penting-penting amat seh, abiz ku cuman pengen bagi-bagi ilmu aku kepada orang yang masih belum paham tentang IT sebenarnya,
yah bagi aku seh ini pelajaran tentang dunia web sekalian belajar PHP + MySQL yang ternyata menurut aku asyik tapi agak susah hehehehehehe, dan sekalian belajar tentang jaringan pertemanan di dunia maya yang menurut aku luas banget……………….

neh klo loe2 semua yang pengen bagi ilmu ke gw atau sebaliknya

silahkan buka web browser kamu terserah deh mau pake apa aza IE,Mozilla,Opera,Lynx,etc

Website aku bertempat tinggal di

http://www.nikko296.org/

dah sekian dulu postingan gw di blog FS gw yang udah lama gak gw isi-isi karena …………..

Thx
Nikko

Pusing Banyak Tugas n Proyek

Duh capek, pusing, pokoknya semua rasa sakit lagi aku alami sekarang, penyebab dari rasa sakit aku adalah tugas yang sangat banyak yang lumayan susah-susah Udah gitu aku lagi punya proyek buat Web tapi belum selesai duh pusing banget.

Ada aja pemikiran aku kemana-mana giliran aku lagi ngerjain proyek web aku kok keinget tugas dan sebaliknya huhuhuhuhu, bagaimana bisa selesai kalau begini terus aku berusaha untuk berkonsentrasi pada satu masalah terlebih dahulu baru masalah lain aku selesaikan deh, biar agak mudah gitu
Kenapa ya tugas itu diberikan secara serempak ibarat kita ditimpa sebuah barang yang sangat besar dan kita harus mengangkatnya dan memindahkannya ditempat atau posisi yang bagus untuk dia tapi jika barang itu kita angkat sendiri maka kita akan kesulitan oleh karena itu aku minta bantuan dari teman-teman sekitar apabila aku dalam mengerjakan proyek dan tugas mengalami masalah, begitu juga yang lain jadi semuanya bergotong royong untuk membantu dalam menyelesaikan masalah bersama itu yang disebut ada rasa sosial diantara kita.

Untungnya aku sama temanku sudah membuat suatu tempat atau wadah untuk mencurahkan hati apabila mengalami suatu masalah atau malah baru dapat berita yang menggembirakan, ya tempat yang kami buat tidak bagus-bagus amatlah tempat yang kami buat yaitu MILIS yang bertempat ditinggal di SERVER YAHOO, meskipun gratisan menurut aku tapi kualitas lumayan bagus sama seperti MILIS yang harus menggunakan duit sebagai lisensi program tersebut.

Kenapa aku membuat MILIS bukannya FORUM ? sebab kami disini melihat teman-teman yang lain sudah terbiasa main MILIS jadi kami beradaptasi dengan mereka dengan membuat wadah tempat untuk bersama-sama. Sebab kalau aku buat FORUM agak ribet sistem postnya sebenarnya seh kalau menurut aku sama saja malah lebih bagus FORUM karena dia bisa mengatur topik pembicaraan kita, mengatur member, dan masih banyak lagi. Mungkin aku mengatakan ribet pada awal registernya saja karena pakai aktivasi-aktivasi segala kan ribet tuh, beda kalau MILIS sekali ngirim emai yang berjudul NAMAMILIS-SUBSCRIBE@YAHOOGROUPS.COM langsung keterima meskipun sama kayak forum jadi mengirimnya dua kali yang pertama proses daftar dan yang kedua adalah proses validasi si member apakah yakin untuk menjadi anggota MILIS.

Dan kenapa aku milih MILIS di SERVER YAHOO tidak di SERVER-SERVER yang lain? sebab aku melihat dari sekian banyak SERVER-SERVER yang sudah mempunyai nama di internet, hanya YAHOO yang masih megang peringkat teratas untuk HOSTING MILIS meskipun gratis, management MILIS tersebut sudah lumayan bagus dan teratur. Sebenarnya saya pengen buat MILIS di SERVER GOOGLE tapi aku melihat yang lain karena terbiasa dengan YAHOO jadi keputusannya dibuat MILIS di SERVER YAHOO.
Paling kalau aku di GOOGLE mengandalkan EMAILnya yang lumayan gede banget YAHOO saja kalah emailnya tidak sembarang orang punya jadi apabila ada yang ingin bergabung dan mempunyai EMAIL di SERVER GOOGLE maka dia harus meminta undangan dari ORANG yang sudah punya EMAIL di GMAIL (GOOGLE MAIL) ntar dia akan menerima sebuah surat yang berisi link yang mengarah ke FORM PENDAFTARAN sesudah itu proses selesai, bedanya EMAIL GOOGLE dengan EMAIL di SERVER yang lain mungkin hanya proses registernya yang agak rumit tetapi pelayanannya memuasakan, yang saya lihat SERVER untuk GMAIL dia akan bertambah dalam waktu hitungan detik, coba aza anda bayangkan bagaimana luar biasa, EMAIL yang ukurannya bertambah setiap detik berbeda dengan SERVER-SERVER yang lainnya biasanya mereka hanya memberikan si USER untuk ukuran yang permanen atau tetap tidak bisa diubah-ubah lagi jadi kita harus memperhatikan seluruh inbox kita apabila terjadi kelebihan kapasitas.

Tetapi dalam hal WEB yahoo masih diatas google karena dia memberikan HOSTING WEBSITE gratis tetapi di GOOGLE juga menyediakan SERVER HOSTING tapi untuk WEBBLOG yang lumayan penggunanya sudah sama-sama banyak. Dan benar-benar gratis tidak dipungut biaya sepersen pun.
Dan dalam hal sistem pencarian mereka berdua sama-sama bagus kalau menurut saya masih GOOGLE diatas YAHOO meskipun bedanya tidak jauh-jauh amat. GOOGLE menang sistem pencarian karena dalam GOOGLE bisa menggunakan trik-trik khusus untuk mencari secara tepat dan benar kalau trik-trik ini dipakai di YAHOO tidak berfungsi.

Coba sekarang anda bayangkan betapa persaingan sangat ketat antar kedua perusahaan raksasa itu, sampai-sampai mereka harus berkorban dan merelakan SERVER-SERVER mereka dipakai oleh orang di SELURUH DUNIA?? Dan setidaknya gua salut sama mereka berdua yang sudah mempunyai peringkat teratas dalam sistem pencarian, kalau orang yang mengerti tentang komputer walaupun masih awam seperti saya ini pasti DUA PERUSAHAN tersbut sudah terbayang dipikiran kita apabila kita menemukan permasalahan maka kita akan minta bantuan SERVER-SERVER mereka untuk membantu kita menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi sekarang. Mereka berdua sekarang sudah mempunyai MESIN SERVER disetiap negara, jadi apabila ada si USER dari negara yang terjauh dari PUSAT SERVER maka si PENGGUNA/USER akan dialihkan ke MESIN yang terdekat dengan mereka, dan si USER tidak memerlukan bandwidth yang besar untuk meminta jawaban dari PUSAT SERVER karena pengalihan SERVER ke posisi terdekat akan memperhemat bandwitdh yang kita gunakan.

Begitu saja yang aku pengen cerita kepada kalian-kalian semua tentang persaingan ketat dua MESIN yang bertema Teknologi Informasi.

Thanx 🙂

Marhaban Ya Ramadhan

Duh sebentar lagi adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh Umat Muslim di dunia ini yaitu Hari semua Umat Muslim menjalankan Perintahnya dan Menjauhi Larangannya yaitu Hari dimana semua Umat Muslim menjalankan Ibadah Puasa .

Sebelum aku berkata kepada kalian semua teman-temanku.

Kalau kata pepatah :

Sebelum Cahaya dipadamkan
Sebelum Waktu Habis
Sebelum Hidup Berakhir
Sebelum Pintu Tobat Tertutup
Sebelum Malaikat Naik ke Langit
Sebelum Ramadhan Datang

Aku mohon maaf lahir batin kepada semua teman-teman kalau sebelum-sebelumnya aku pernah berbuat dan berkata yang salah kepada kalian.

Maafkan aku ya…
Marhaban Ya Ramadhan

Pindahan semuanya dech

Huh akhirnya aku menemukanmu, udah kayak judul lagu aza ya abiz setelah sekian lama mencari hosting + domain yang bagus akhirnya dapat juga, duh capek dech blogku yang di hostingan yang laen udah banyak bgt.

Akhirnya aku memutuskan inilah blogku yang sebenarnya setelah sekian lama mencari sana kemari akhirnya aku menemukan ilmu juga selaen ilmu networking + security dan dapet ilmu lagi tentang dunia web, duh IT sangat luas ya aku jadi pengen ketemu siapa diri kamu sebenarnya IT.

Akhirnya terbentuklah sebuah blog yang didirikan pada tanggal 21 dengan posisi waktu di Indonesia jam 12 malam,duh sepi bgt neh jadi takut tapi aku ditemenin sama blogku kok, sekalian aza konfigurasi blog + posting ke blog selesai deh.

Konfigurasi Webmail Server di Linux

Uh capek bgt udh mana proyek Network aku belum selesai masih banyak sekarang lagi konfigurasi webmail pake apa ya….akhirnya aku menunjuk SQUIRRELMAIL sebagai webmail server jaringan aku…

walaupun masih banyak macam2nya

kenapa aku memilih SQUIRRELMAIL sebagai webmail server aku karena dya mampu
1. POP
2. IMAP
3. SMTP

dan juga di dalam paketnya ada fungsi email termasuk dukungan MIME, address book, dan manipulasi folder atau direktori dan masih banyak lagi kelebihannya

klo kalian semua pada pengen pake SQUIRRELMAIL sebagai webmail server kalian,anda semua bisa dapatkan di website resminya http://www.squirrelmail.org sisitu banyak kok.

klo ambil file kompress yang tar.gz
# tar zxvf aplikasimail.tar.gz
# mv aplikasimail /var/www/html/webmail
# cd /var/www/html/webmail
# ./configure

1. kOnfigurasi umum
2. konfigurasi Organisasi kalian
3. konfigurasi user
4. cek semua konfigurasi apa masih ada yang salah ato tidak
5. jalankan
6. coba kirim2an email dari user1 ke user yang laen

jangan lupa konfigurasi user (posisi konsol di direktori webmail)
# chown -R nobody data
# chgrp -R nobody data
# chmod 777 data

dah dulu dech gitu aza

Konfigurasi Database di Linux

duh caPek bgt biz konfigurasi database buat server di Linux Redhat

Tp akhirnya bisa setelah aku otak-atik scriptnya kok masih ada yang salah dan ternyata cmn masalah otentifikasiya nggak bener

biz koneksi mysqld sama phpmyadmin yang terbaru phpMyAdmin-2.9.0-rc1.tar.gz bagus juga tuh klo di clientnya pakenya masih yang 2.9.0-beta1 tapi servernya udh make versi diatasnya hehehehehe maklum server harus diatas client

duh asik deh klo database udh jalan apalagi kemaren konfigurasi network berhasil tinggal aza buat otak-atik web yang dinamik kayak PHP gitu……..

Jadi pengen belajar PHP soalnya ada proyek seh..

tapi aku belajar PHP gak harus ada dorongan dari sebuah proyek seh tapi itu semua keinginanku untuk mempelajari semua tentang dunia OPEN SOURCE,maju terus dunia opensource >> aku akan menyusulmu suatu saat tapi bukan sekarang karena aku masih mengenal diri kamu itu sebenarnya siapa dan dimana……..

akhirnya punya proyek juga…….