Berbagi koneksi WiFi dengan N81

Kali ini aku memikirkan kenapa aku bisa internet dengan laptop dan komputerku, sementara hp nseries aku diam tak bergerak, lalu aku berpikir kenapa tidak berbagi koneksi internet via WiFi setelah aku coba selama 2 hari dan akhirnya aku berhasil menyambungkannya, akhirnya nseries ku bisa internet via laptop dan laptop terkoneksi dengan gateway, analoginya saya gambarkan seperti ini

NOKIA NSERIES –(via WiFi)– LAPTOP –(via Kabel UTP/RJ45– GATEWAY n DNS –(via RJ11)– ISP –(jalur ISP)– INTERNET

Syaratnya Laptop dan Nokia harus ada perangkat wifinya
Berikut ini konfigurasi di laptop (Windows XP)
1. Start – Settings – Control Panel – Network Connections

2. Di bagian kiri pilih “Set up a home or small office network”

3. Lalu pilih “next” untuk memulainya

4. Lalu pilih “next” ini memberikan informasi langkah-langkah yang harus anda lakukan

5. Pada pilih options “This computer connects directly to internet. The other computer on my network connect to the Internet through this computer.”

6. Lalu pilih “next”

7. Lalu pilih sumber koneksi yang akan anda gunakan dalam hal ini saya gunakan pada bagian Connection: “Local Area Connection” (sumbernya berada pada port LAN)

8. Lalu pilih destinationnya yang akan anda gunakan dalam hal ini saya gunakan destinationnya Connection: “Wireless Network Connections” (outputnya berada pada bagian port wirelessnya)

9. Lalu pilih “Next:

10. Kemudian isikan Computer description: (defaultnya saja tidak perlu diubah) dan bagian Computer name: (defaultnya saja tidak perlu diubah)

11. Lalu pilih “Next”

12. Isikan Workgroup name: (defaultnya saja tidak perlu diubah)

13. Lalu pilih “Next”

14. Pilih options yang akan anda gunakan, jika anda ingin berbagi file dan printer dengan perangkat yang lain aktifkan dengan memilih options “Turn on file and printer sharing”, sebaliknya jika tidak ingin berbagi matikan saja dengan memilih options “Turn off file and printer sharing”

15. Lalu pilih “Next”

16. Lalu disitu akan terlihat sejumlah informasi yang anda konfigurasi sebelumnya, jika ada kesalahan anda bisa kembali dengan memilih tombol “< Back”

17. Lalu pilih “Next”

18. Tunggu proses konfigurasi dilakukan oleh komputer

19. Kemudian pilih options “Just finish the wizard. I don’t need to run the wizard on other computers”

20. Lalu pilih “Next”

21. Kemudian pilih “Finish”

Uji coba pada sisi computer, syarat koneksi pada kondisi awal laptop sudah bisa internet dengan koneksi ke Gateway. Jika laptop tidak bisa internet pada kondisi awal maka nantinya dari handphone juga tidak akan bisa.

a. Lalu pilih lagi “Start – Settings – Control Panel – Network Connections”,

b. Pada bagian “Wireless Network Connections” klik kanan pilih “Properties”

c. Pilih tab “Wireless Network”

d. Lalu anda tambahkan nama koneksi pada bagian “Preffered network:”

e. lalu pilih “Add”

f. Pada tab “Association”, isikan “Network name (SSID) :”

g. Pada area “Wireless network key”, pada bagian “Data encryption” , jika jaringan tersebut non-secure maksudnya siapa saja boleh menggunakan jaringan ini tanpa harus login terlebih dahulu maka matikan saja dengan memilih “Disabled” sebaliknya jika jaringan ini secure berarti tidak semua orang bisa menggunakan jaringan ini hanya orang yang mengetahui network key pada SSID ini saja yang bisa menggunakannya lebih baik pilih “WEP”

h. Lalu hilangkan tanda checklist pada bagian “The key is provided for me automatically”

i. Kemudian isikan network key anda pada bagian “Network key” dan”Confirm network key”

j. Jika sudah pilih “OK”

Kemudian uji coba dengan melakukan scanning, disini saya langsung menggunakan program defaultnya double-click icon Wireless Network Connection pada taskbar sisi kanan sebelah jam.

Kemudian pilih “Refresh network list” program tersebut akan mencari informasi jaringan yang kita sudah buat tadi, jika sudah menemukannya biarkan jenis koneksi itu tidak terhubung karena yang menghubungkannya adalah perangkat lain, perangkat ini hanya menunggu jawaban untuk dipanggil oleh perangkat lainnya.

Lalu pada sisi handphone lakukan scanning dengan memilih “Menu – Tools – Connectivity – Conn. mgr (Connection Manager) – Available WLAN networks

Jika sudah menemukan jenis koneksi yang dibuat pada sisi laptop maka pilih “Options – Define access point – pilih “Yes” jika ada pertanyaan “Define internet access point for WLAN network ‘nama koneksinya’ ” – kemudian isikan pada bagian “WEP key for WLAN:” pada bagian ini akan timbul jika sebelumnya anda memilih WEP pada settingan di komputer tadi jika tidak maka akan langsung selesai – jika sudah mengisi pilih “OK”

Coba lakukan ujicoba browsing di handphone dengan menggunakan browser defaultnya nokia “Menu – Web” isikan website yang akan anda tuju ingat bukan WAP tapi WWW.

Jika tidak merespon coba anda cek ulang konfigurasi yang anda lakukan sebelumnya, dan jika berhasil selamat deh🙂 karena saya mencari ini selama 2 hari.

Selamat bersurfing ria ya……. (ingat buka jangan yang aneh-aneh karena banyak virus OK)

Sekian konfigurasi WiFi di Nokia NSERIES n di Laptop

Terimakasih
Nikko Haendratnio (nikko296)

27 thoughts on “Berbagi koneksi WiFi dengan N81

  1. wehehehe ..
    mantaph boz walo masih rada bingung
    hag hag hag
    tapi ni intinya yang nangkep internetnya N81 trus laptop nyambung ke N81 dan ngenet pake koneksinya N81, gitu tho ?

    maaph kalo salah, hhe .

  2. @Dedy Lay : saya rasa tidak bisa mas lalu bagaimana N 81 nya mau nyambung internet sedangkan laptop yang sebagai sumber gateway tidak ada wifi, mungkin bisa dengan menggunakan bluetooth dengan komputer sebagai gateway tapi saya belum coba, tetapi jika handphone sebagai gateway internetnya pakai bluetooth dan kabel sebagai koneksi saya sudah coba berhasil..tetapi disini kan saya bicara bagaimana irit biaya tanpa ngeluarin pulsa gitu mas..

    Thx

  3. Sudah saya coba seluruh langkah, tapi masih gagal saja.
    Laptop sudah bisa koneksi internet dengan speedy (pake modem). Masalahnya, saat saya membuat “add preferred networks” kan ada pilihan centang “this is a computer to computer (ad hoc) network” …apakah harus saya centang? sebab kalau ini tidak saya centang, maka wifi hp saya nggak akan bisa konek/mendeteksi wifi laptop.

    Akhirnya saya pilih centang (menjadikan koneksi hp dengan laptop sebagai ad hoc network). saya test koneksi, bisa konek. namun saat coba browsing di hp,,kok gagal? pesannya: “no gateway reply”…gimana mas niko?
    Mohon bantuannya ya? pingin banget bisa browsing di hp nih..thanks b4.

    **slambas**

  4. @slamet basuki : mungkin ada pada sisi komputer ato hp nya mas..seharusnya posisi dikopmputer akan ada 2 simbol dipojok kanan taskbar, status konek dengan modem dan status konek wifi dengan hp..saya juga pernah ngalamin kejadian tersebut, yah saya otak-atik lagi pada sisi komputer dan handphonenya coba lg mas mungkin konfigurasinya ada yg terlewat..kalau di hp tolong gunakan browser defaultnya dari nokia terlebih dahulu jika berhasil baru gunakan browser dari produk lain..

  5. @bpk nikko
    saya dapat referensi dari teman utk liat blog ini
    cuma saya masih bingung
    kok scanning ga ketemu loh
    ada saran ga ya ?
    thanks

  6. @robbysuliantoro: terima kasih sebelumnya buat pak robby, maaf sebelumnya karena baru bales comment nya karena kesibukan kerja saya..coba anda cek lagi pada bagian ad-hoc pada menu dikomputernya..atau di hp nya fasilitas untuk scan wifinya diaktifkan..atau bisa juga ada yang salah dalam konfigurasinya..

  7. Mas nikko
    Hp saya Nokia N81 tp wifi-nya blm bs saya gunakan utk ngenet. Setiap saya cari jaringa Wlan nya ditemukan, setelah saya masukkan web key nya. Selalu pesan yg datang tdk ada balasan dari portal . Gmn sih caranya supaya saya bs ngenet pake hp dgn menggunakan jaringan wifinya. Thanks before.

  8. @sabar: banyak sekali kemungkinan permasalahan pak..kadang wifi publik diberikan key kepada publik, tapi dari sisi server bisa diotentifikasi lagi disistemnya yang saya maksudkan disini seperti mac filtering, ip filtering, dsb..selain hal itu juga banyak, tapi tidak diberitahu ke publik tentang sisi keamanan hotspot mereka..

    bisa juga sisi jaringan lokal jalan tetapi koneksi ke luar (internet) putus itu juga bisa terjadi..bisa juga gangguan dari sisi sistem..

    Trims

  9. Pak nikko
    Jaringan wiresles disini menggunakan WEP bukan hotspot jadi sebagian hp yng ada wifinya bisa di pake ngenet. apa mungkin kita harus pake aplikasi supaya kita bisa pake wifinya? Pak nikko tolong bantu saya supaya bisa pake wifi hp saya. Kan syang fasilitas ada tapi ga bisa di pake.

  10. @sabar: sebelumnya saya akan jelaskan apa itu WEP (Wired Equivalent Privacy) itu merupakan metode pengamanan hotspot wifi dengan Shared Key Authentication. Jadi untuk terkoneksi ke jaringan nirkabel tersebut kita harus mengetahui terlebih dahulu kunci WEP tersebut agar bisa bergabung dengan jaringan tersebut. Tidak perlu pakai aplikasi khusus karena dari Nokianya sendiri sudah bisa dipakai.

    Trims.

  11. Mas, ato sapa saja yg bisa jawab🙂
    mau ikut tanya….

    Kalo yg diatas kan sifatnya untuk share antar laptop ke hp yg ada wifinya, la… kalo tidak ada?

    Semisal gini, saya bisa akses internet dengan wifi, saya punya bluetooth “ngaanggur” nah..gimana caranya biar HP butut gua (nokia 6600, symbian s60) bisa nebeng akses intenet lewat laptop itu, jadi maksudnya menjadikan bluetooth di laptop sebagai akses point, kemudian saya gak usah pake pulsa ngenetnya, jadi tinggal lewat bluetooth yg dari laptop.

    terimakasih jika ada yg mau bantu,

    NB:sudah coba GNU box, dll tambah pusing….. :^*&%&$%^$^

    hee…sekian, tak nukmark :p biar mudah balik kesini

  12. @putut: untuk koneksi point to point pakai bluetooth sebagai access point saya sendiri belum pernah mencoba tetapi kalau menggunakan usb wifi sebagai access point itu bisa..

    dan koneksi bluetooth itu bisa digunakan jika handphone yang digunakan akan sebagai modem maka handphone berfungsi sebagai gateway dan router di jaringan lokal anda yang akan diteruskan ke komputer/laptop..

    jika komputer yang terhubung ke internet maka komputer sendiri menjadi gateway dan router maka si komputer harus bisa meroutingkan data melalui beberapa media seperti radio (access point), usb wifi (access point), media kabel..

    yang diterangkan dalam posting saya diatas dimaksudkan komputer meroutingkan data ke handphone, komputer berfungsi sebagai router dan gateway internet tersebut.

    Terima kasih telah berkunjung

  13. thx ya bro! uda connect..🙂 nice article!

    akhirnya gk perlu beli router lg… hahaha…. thx2 ^^

    lama jg cari artikel ini jelas bgt… dr connect lan ama wireless… nice bgt da.. thx2 hahaha

  14. @baobei86: siph sama2 bro..saya juga cuman sharing apa yang saya dapat..semoga bermanfaat bagi yang lain..terima kasih udah berkunjung ke blog saya..

    @fisika: terima kasih sudah bersedia mampir ke blog saya..

  15. pak saya itu punya hape spc boss black 1000 dengan via wifi tapi penggunaannya saya belum bisa. kemaren saya connectkan eh ternyata gak bisa. tolong bantu saya untuk nyetting wifi hp tersebut.

  16. saya pakai nokia 5530 expressmusic, koneksi wlan sdh sy aktfkn. Kmudian hp sy mendeteksi jaringn wifi ktika sy brada d areal kantor tmpt sy bkrja. Tp ktika sy buka internet via wlan,slalu di minta memasukan kunci wep. Bgmna cra sy mengetahui kunci wep tsb? Trims.

Tinggalkan Balasan

