Pembekalan Materi Isi Hari ke-2

Ya setelah kemarin pembekalan materi isi yang pertama, maka sekarang masuk hari ke-2 masih seperti kemarin mendengarkan pembicara dengan topik seputar perternakan dan pertanian, masih di Gedung Graha Widyatama UNSOED.

Penulis datang pada jam biasa jam 8 kurang 5 menit, seperti postingan kemarin karena kostan penulis dengan Graha Widyatama UNSOED sangat dekat. Hahaha. Setelah sampai ditempat penulis duduk sebentar ngobrol dengan teman jurusan yang kebetulan datang bareng, kalau sekarang tidak menunggu teman-teman 1 jurusan si penulis karena penulis sudah kenal teman-teman kelompoknya jadi langsung masuk aja barangkali teman 1 kelompok ada yang sudah hadir. Ya betul ada 3 orang teman kelompok yang sudah hadir disitu yaitu Galih Rakasiswi, Sani Wardhah Firdhousi, Hayun Asekha dan saya penulis hadir absen tandatangan ke empat setelah mereka bertiga. Tapi duduknya kami tidak jadi satu karena memang datangnya pisah-pisah. Saya duduk dibelakang tapi berbeda dengan hari pertama yang sebelah kiri sekarang sebelah kanan, dan sialnya penulis duduk pas dibawah AC *ggrrrr, penulis beku dan tidak bisa bergerak, wkwkwk, “mampus dah gue nih AC dingin banget” kata saya dalam hati*. Setelah pembicara materi ke-1 selesai kemudian dilanjutkan pembicara materi ke-2 yang ternyata pembicaranya DPL kelompok desa kita Bu Dr. Ismoyowati, S.Pt., MP. lalu mendekati slide presentasi terakhir beliau bilang begini

Untuk desa yang DPLnya saya, tolong nanti pas istirahat kalian jangan keluar dulu, kita mau ngobrol-ngobrol didepan sebelah kiri saja ya soalnya saya nanti siang berhalangan hadir karena ada urusan sesuatu yang tidak bisa ditinggal.

Setelah selesai pemateri beliau kami semua yang DPLnya oleh beliau ngumpul didepan dan membicarakan seputar KKN yang desanya dibimbing oleh beliau. Ya intinya mah minta program kerja (bahasa kerennya mah “proker”) nanti dikumpulkan diruangan beliau di Lab. Unggas (sebelah bapendik) Gedung Peternakan UNSOED karena nanti siang beliau ada urusan penting dan hari sabtu dan minggu tepatnya pas pelepasan KKN beliau juga tidak bisa hadir karena ada urusan penting juga di Jakarta. Disitu beliau memberikan datanya apabila mahasiswa/mahasiswi membutuhkan bantuannya beliau seperti no.hanphone dan email. Setelah selesai ngobrol-ngobrol kita semua kembali ke tempat duduk, lalu Koordinator Kabupaten (KOKAB) telah memilah tempat duduk per-desa. Desa kami Desa Semanding duduk disebelah kanan baris ke-5, lalu kita ikuti kata beliau.

Setelah duduk kami semua, kita sepakat memilih KORMADES untuk kelompok kita, karena ada 2 calon (Arif dan penulis) tapi ada 1 calon terkuat yaitu Arif Mubarok, ya iyalah ngapain saya jadi KORMADES nanti bisa hancur lebur kelompok kami karena saya tidak mengerti KORMADES dan lebih tepatnya tidak ingin ada jabatan tapi tetap bekerja seperti yang lain lah. wkwkwk. 😀

Setelah acara pembekalan selesai yang 1 DPL kita inisiatif KORMACAM Gombong mengajak kami semua diskusi seputar 1 DPL karena pembimbing kami sudah tidak ada (eh salah sudah pergi karena ada urusan) hehehe. Setelah selesai semua maka keluarlah kami dari gedung yang dingin itu (jadi inget ruangan server telkom dinginnya kayak dikutub *lebay dikit ah* wkwkwk), kami semua ngobrol-ngobrol lagi diluar gedung sebelah kanan, kita duduk lesehan diatas kardus bagaikan orang yang tidak punya rumah dan kostan wkwkwk menggalau ditengah malam gini. :p Setelah capcipcup doer casciscus doer *maksudnya ngobrol-ngobrol* kemudian kita pulang ke rumah dan kostan masing-masing, oh iya tadi pas terakhir kita semua dikasih lembar “Kuesioner Masukan KKN Posdaya UNSOED” Desa Semanding tentunya, ini berguna untuk membuat proker tentatif yang akan kita buat nanti buat hari rabu besok. 🙂

Pembekalan Materi Isi Hari ke-1

Ya capek juga habis pembekalan materi isi hari ke-1 di Gedung Graha Widyatama UNSOED. Buat yang belum tau dimana Gedung Graha Widyatama UNSOED itu ada di Jl. HR Boenyamin Purwokerto (sebelah Gedung FISIP UNSOED), pokoknya cari aja yang gedungnya bagus, ya iyalah soalnya baru jadi tuh gedung makanya aja bagus terus masih bau cat tembok. Hahaha. 😀

Begini ceritanya (ceilah emang cerita horor), pagi-pagi penulis berangkat dari kostan sekitar jam 8 kurang 5 menit, kenapa penulis berangkat jam segitu soalnya kostan penulis dengan Gedung Graha Widyatama deket sih. Hehehe. :p Sampai sana penulis duduk-duduk dulu sambil nunggu temen 1 jurusan teknik elektro pada dateng soalnya belum ada yang kenal selain teman 1 jurusan. Ya udah singkat cerita setelah nunggu dan ngobrol-ngobrol di luar Gedung Graha Widyatama sudah ngumpul teman-teman 1 jurusan semua lalu kami semua masuk ke Gedung Graha Widyayama, oh iya sebelum masuk kita absen dulu berdasarkan lokasi desa kelompok masing-masing, kebetulan desa saya semanding jadi ya saya absen tandatangan di kertas yang ada nama saya dong. Hahaha. Udah masuk ke dalam kita duduk paling belakang ternyata sudah penuh dengan mahasiswa dan mahasiwi KKN yang berlokasi di Kabupaten Kebumen.

Saya (penulis) belum tau teman-teman 1 kelompok walaupun sudah ada pengumumannya, no handphonenya sih ada tapi orangnya yang mana saja saya pun tidak tahu. hahaha. Setelah pemateri pertama selesai lalu ada teman kelompok namanya Arif Mubarok yang sekarang menjabat KORMADES (Koordinator Mahasiswa Desa di kelompok saya) itu SMS begini (saya convert ke bahasa baku ya, wkwkwk)

Arif Mubarok : Sudah pada datang belum? duduknya mau sekelompok tidak nih?

Saya : Saya duduk paling belakang rif.

Arif Mubarok : Anda (tulisan aslinya “njenengan” bahasa jawa halus ya) sebelah mana? saya juga di belakang mas. Kumpul nanti saja pas istirahat ya mas.

Saya : Ya. Rif, anda sudah tau teman-teman kelompok kita?

Arif Mubarok : Belum mas.

Saya : Saya di paling belakang sebelah kiri yang pakai polo. (tidak ditanya sih tapi memberi info. wkwkwk)

Arif Mubarok : Polo apa, mas?

Saya : Polo warna abu-abu. Anda duduk dimana, belakang sebelah mana?

Arif Mubarok : *kemudian menghampiri saya lalu tanya-tanya sebelah saya “ini nikko ya?”, kata teman saya “bukan”, lalu tanya saya “ini nikko ya?”, kata saya “ya”* hahaha. seandainya saya bercanda saya jawab bukan. Tapi kasihan si Arif lagi bingung. Hehe.

Setelah bertemu yang namanya Arif Mubarok, jadi kenal 1 orang teman kelompok tapi yang lainnya belum ada yang ketemu. 😀 Abis itu ada sms lagi dari teman satu kelompok namanya Dyah GaluhPujiastuti

Dyah Galuh : Pagi teman-teman semua. Alhamdulillah kita satu kelompok. Salam kenal ya. Saya Galuh dari ekonomi, nanti kumpul yuk biar tau teman-temannya.

Saya : Ya dyah, nanti kita kumpul satu kelompok pas istirahat saja.

Dyah Galuh : Ada usul, kumpul waktu rehat. Bagaimana kalau sebelah kanan dalam pintu masuk?

Saya : OK

Saya : *karena lama tidak ada sms masuk dari dyah lalu saya SMS begini* Galuh nanti kita bertiga yang cowok kumpul di sebelah kiri di dalam ruangan saja ya.

Dyah Galuh : OK2.

Setelah bertemu 1 kelompok yang terdiri dari 8 orang anak (3 mahasiswa, 5 mahasiswi), eh tapi ada 1 orang yang belum datang katanya mereka sih lagi makan namanya Dwi Sekar Putri panggilannya “ciput”. Lalu materi isi dimulai lagi kita duduk bareng-bareng, setelah selesai kita kumpul-kumpul lagi sebentar kemudian balik ke rumah dan kostan masing-masing. 😀

Pengumuman KKN Pembekalan Materi Isi

Yeah, ada tadi sudah ada pengumuman kelompok KKN, sekarang ada revisi jadwal untuk pembekalan materi isi. Karena kita Kabupaten Kebumen yang sebelumnya pembekalan materi isi akan dilakukan di Gedung Sumardjito UNSOED, sekarang berubah tempatnya di Gedung Graha Widyatama UNSOED. Karena yang penulis lihat Gedung Sumardjito UNSOED itu disewa oleh orang nikahan. Hahaha. 😀 Pantesan aja ada ralat/revisi pengumuman. :p Nih pengumuman terbarunya

Pengumuman Jadwal Pembekalan Materi Isi
Pengumuman Jadwal Pembekalan Materi Isi

Pengumuman Kelompok KKN

Yeah akhirnya setelah keluar pengumuman KKN di tiap-tiap fakultas, sekarang sudah ada pengumuman untuk tiap-tiap desa 1 kelompok. Ya KKN tahun ini yang berlangsung mulai tanggal 19 Juli dengan tema “KKN Posdaya”. Ini pengumuman kelompok kami di Desa Semanding, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, dengan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) kami Dr. Ismoyowati, S.Pt., MP.

Pengumuman Kelompok KKN UNSOED 2011
Pengumuman Kelompok KKN UNSOED 2011

Menerjemahkan Aplikasi Wordmobi

Wordmobi is S60 client for wordpress written in Python for Nokia mobile phones, helping you to manage your blog while saving time and bandwidth. Common blog operations, like posting, approve comment, post delete, comments visualization, for instance, are possible using wordmobi.

Awalnya saya melihat aplikasi wordmobi sungguh menarik karena merupakan aplikasi untuk blogging, yang dimana blog saya ada di wordpress. Nah setelah melihat menu “language” saya ingin cari bahasa indonesia biar gampang saja, kan kita harus cinta bahasa sendiri yaitu bahasa indonesia (ceilaaahh) hahaha. Nah karena saya melihat potensi orang indonesia yang memakai aplikasi wordmobi ini sangat banyak maka saya tertarik untuk menerjemahkannya kedalam bahasa indonesia 🙂

Kemudian saya kontak developer wordmobi “Marcelo Barros” untuk mengizinkan source codenya saya terjemahkan kedalam bahasa negara saya yaitu bahasa indonesia, lalu dibalas oleh Mr. Marcelo bahwa belum ada yang menerjemahkannya ke dalam Indonesian Language. Aplikasi wordmobi ini menggunakan lisensi GNU GPL v3.

Setelah saya terjemahkan lalu saya submit lagi lewat email ke developernya, dan setelah beberapa bulan (tidak sampai setengah tahun) terjemahan saya diterima. Yang menyebabkan lamanya itu mungkin karena developernya nyambi kerja jadi untuk ngoprek wordmobinya tunggu sampai waktu kosong. 😀 Tidak apa-apalah, saya juga hanya mencoba mendukung aplikasi wordmobi ini dengan menerjemahkannya. 🙂

Ini screenshot perubahan dari aplikasi wordmobi

Keliling di PRB (Pekan Raya Banyumas)

Yah akhrinya saya ke situ juga soalnya tuh acara sudah hampir sebulan dan acara selesai tuh tanggal 4 juli 2011, mumpung belum selesai main ke situ dulu sama teman-teman kampus.

Menurut saya, acaranya bagus tapi tidak lengkap dan tidak megah karena ruangannya tidak besar dan tidak kecil. Hehehe. Kalau kata teman saya yang orang jakarta “Ini sih kayak ITC ya nik?” terus saya jawab “Iya juga ya. Hahaha. Tapi menurut gue ini udah paling wah lho di purwokerto. Hehehe.”

Habis dari PRB kita ber-empat langsung cari makan di tempat nasi goreng mie yang terkenal dikalangan anak muda (baik pelajar dan mahasiswa). Tempatnya memang terpencil tapi setiap hari tuh tempat ramai. Habis makan dan ngobrol-ngobrol sekitar 1,5 jam langsung balik menuju kostan masing-masing. Oh iya dijalan kita mampir ke tempat rental film namanya “Ultra Disc” baru habis itu balik.

Youtube-dl di Debian 6 (Squeeze)

Habis nonton LA Indie Movie di youtube, jadi pengen download video itu dari youtube akhirnya ngoprek youtube-dl.

Ngoprek youtube-dl, soalnya yang apt-get dari debian langsung gagal, kalaupun berhasil gagal download video dari youtube. Akhirnya cara manual pun saya lakukan dengan mengambil source langsung dari developer youtube-dl di github

# wget -c https://github.com/rg3/youtube-dl/raw/2011.03.29/youtube-dl --no-check-certificate
# chmod +x youtube-dl
# cp youtube-dl /usr/bin/

Contoh kali ini saya pengen download film indie yang judulnya naruto bersyukur

youtube-dl -o naruto-bersyukur.flv "http://www.youtube.com/watch?v=tv6v_8QnLcA"