Asal Usul Lingkaran Penuh = 360 Derajat

Putaran 360 derajat. Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah yang menunjukan satu putaran lingkaran penuh tersebut. Tapi tahu kah kamu asal muasal angka “360″ itu berasal? Mengapa jika satu putaran lingkaran penuh dipakai angka 360?

Hitungan Bangsa Sumeria

Ternyata besaran angka 360 berasal dari bangsa Sumeria yang tinggal di Mesopotamia (Sekarang Irak selatan). Bangsa yang telah menemukan tulisan sekitar tahun 3000 SM ini telah membuat kalender pada 2400 SM. Kalender itu terdiri atas 12 bulan dimana masing-masing terdapat 30 hari. Total jadi 360 hari.

Temuan ini didasari dari pengamatan mereka terhadap matahari, dan lima planet yang dapat terlihat ( Merkurius, Venus, Mars, Yupiter dan Saturnus). Jalur melingkar matahari melintasi bumi diketahui 360 hari. Karena gerakan Matahari dianggap sebagai lingkaran penuh, untuk itu diputuskan satu putaran lingkaran penuh terdiri atas 360 derajat.

Versi Ahli Astronomi Babilonia dan Yunani

Sebenarnya ada lagi penjelasan yang menunjukan bahwa satu lingkaran penuh adalah 360 derajat. Adalah para ahli astronomi Babilonia dan Yunani dengan menggunakan teori trigonometri. Mereka membagi sebuah lingkaran dengan satu segitiga sama sisi yang sisinya sama dengan jari-jari lingkaran. Dalam satu lingkaran terdapat enam segitiga yang disebut chord.

Pada zaman itu, basis bilangan adalah Seksagesimal (60). 1 chord terdiri atas 60 derajat. Maka satu lingkaran penuh enam chord dikalikan 60 (6×60 = 360). Itulah beberapa penjelasan bahwa Lingkaran penuh adalah 360 derajat.

Acuan: Intisari

5 thoughts on “Asal Usul Lingkaran Penuh = 360 Derajat

  1. Teori Ilmu Pengetahuan merupakan hasil manusia mengamati kejadian alam, jika 360 derajat tersebut terjemahan 360 hari (jumlah hari dalam 1 tahun) bangsa Sumeria berarti konsep 360 derajat harus dipertanyakan, karena pada kenyataannya 1 tahun pada saat ini didifinisikan sekitar 365 hari. Apakah konsep 360 derajat ini tidak perlu ditinjau ulang karena bertentangan dengan alam?

  2. Jika dasar awalnya perhitungan bangsa Sumeria yang mengenal 1 tahun 12 bulan dan 1 bulan 30 hari (12 x 30 = 360 hari) dijadikan patokan, apakah hal ini tidak perlu dikoreksi sekarang, karena konsepnya 1 tahun sekarang sekitar 365 hari… berarti seharusnya kita di zaman sekarang mendifinisikan 1 lingkaran = 365 derajat, bagaimana menurut anda?

  3. Tidak seperti itu konsepnya mas, knp bumi pada saat berevolusi itu 365 hari 5 jam 46 menit, 24 detik. Krn lintasan revolusi bumi itu elips berdsarkan teori kepler , menurut saya 360 adalah terjadi matahari yang dalam posisi sbg pusat dan bumi yang mengitarinya dlam lintasan yang elips. Tpi jka bumi melingkari dgn lntasan berupa lnkaran boleh saja kita mgtakan 1 tahun =36m hari

  4. dari mana kalo boleh tau chord itu segitiga nya ? hehe , … secara simple , chord itu suatu garis yg menghubungkan titik pada lingkaran , diameter juga kita sebut chord , lebih tepatnya chord yang melewati titik pusat lingkarang😀

  5. Kalau menurut teori saya satu lingkaran besarnya 60derajat ,asal muasal hitungan hari berdasarkan waktu untuk teori modern dan satu detik berdasarkan getaran atom cesium saya mempunyai banyak lagi teori tapi capek nulisnya ,sebab sudut lingkaran tu berpengaruh juga dengan nilai pi atau 3,14 jadi penjabarannya bisa banyak sekali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s