Buat File IMG dari ISO untuk GNS3

Disini gue coba membuat film IMG untuk keperluan simulasi routing di GNS3, karena filenya berbentuk file ISO maka gue ubah dulu ke file IMG. Berikut cara-caranya.

C:\Program Files\GNS3>qemu.exe create mikrotik-3-20.img -f qcow2 2G

C:\Program Files\GNS3>qemu-img.exe create mikrotik-3-20.img -f qcow2 2G

C:\Program Files\GNS3>qemu.exe -L . -m 512 -hda mikrotik-3-20.img -boot d -localtime -cdrom “e:\ios-gns3\mikrotik 3.20.iso”

Keterangan:
*Lokasi GNS3 mungkin berbeda2, dalam hal ini lokasi GNS3 gue di C:\Program Files\GNS3
*Nama file IMG bebas, dalam hal ini gue buat mikrotik-3-20.img
*Lokasi file ISO mungkin berbeda2, dalam hal ini lokasi file ISO gue di e:\ios-gns3\mikrotik 3.20.iso

Tinggalkan Balasan

